Tahapan-tahapan
Public Relation dalam Menyusun Program Kerja
A. Penemuan Fakta (Fact
Finding)
Sebelum menyusun program kerja seorang Public Relation haruslah
menemukan fakta terlebih dahulu dalam lingkungan publiknya baik itu public
internal maupun eksternal.
Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah situasi dan pendapat dalam masyarakat (opini public) terhadap suatu langkah yang akan di ambil, maupun yang sedang dilaksanakan itu dapat menunjang atau justru malah akan menghambat kegiatan organisasi atau perusahaan.salah satu kegiatan dalam tahap ini yaitu :
>memperhatikan berbagai kejadian atau perkembangan sosial, politik dan juga ekonomi yang secara langsung ataupun tidak langsung akan mempengaruhi orgnisasi atau perusahaan
>mengumpulkan berbagai macam data untuk di olah menjadi informas, menganalisis informasi itu agar sesuai dengan keperluan organisasi atau perusahaan, dan sebagainya.
Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah situasi dan pendapat dalam masyarakat (opini public) terhadap suatu langkah yang akan di ambil, maupun yang sedang dilaksanakan itu dapat menunjang atau justru malah akan menghambat kegiatan organisasi atau perusahaan.salah satu kegiatan dalam tahap ini yaitu :
>memperhatikan berbagai kejadian atau perkembangan sosial, politik dan juga ekonomi yang secara langsung ataupun tidak langsung akan mempengaruhi orgnisasi atau perusahaan
>mengumpulkan berbagai macam data untuk di olah menjadi informas, menganalisis informasi itu agar sesuai dengan keperluan organisasi atau perusahaan, dan sebagainya.
B. Perencanaan
(Planning)
Perencanaan
atau planning ini merupakan bagian
penting dalam usaha memperoleh opini public yang menguntungkan.
Dalam tahap ini merupakan bagian yang sangat menentukan bagi keberhasilan tujuan organisasi, terutama tujuan Public Relation itu sendiri.
Dalam tahap ini merupakan bagian yang sangat menentukan bagi keberhasilan tujuan organisasi, terutama tujuan Public Relation itu sendiri.
c. Komunikasi
Pada tahap komunikasi ini, yaitu merupakan penyampaian
informasi secara aktif kepada public, baik public internal maupun public
eksternal mengenai apa yang telah disusun dan juga di programkan.
Dalam proses penyampaian informasi Public Relations menggunakan berbagai bentuk jenis, dan bentuk teknik komunikasi agar dapat mencapai efek tertentu seperti yang diharapakan.
Dalam proses penyampaian informasi Public Relations menggunakan berbagai bentuk jenis, dan bentuk teknik komunikasi agar dapat mencapai efek tertentu seperti yang diharapakan.
d. Evaluasi
(Evaluations)
Setelah melakukan Komunikasi maka perusahaan/organisasi
pastinya tertarik untuk mengetahui dampak atau pengaruh dari tahap komunikasi
terhadap publiknya. Untuk mengetahuinya, maka dilakukanlah evaluasi atau
evaluations.
Evaluasi
sendiri adalah tahap terakhir kegiatan Public Relations.
Tujuan utama dari Evaluasi adalah untuk mengetahui apakah kegiatan Public Relations benar-benar dilaksanakan menurut rencana hasil penelitian berdasarkan penemuan fakta.Manfaat dari sebuah program kerja yang dilakuakan oleh Public Relation baik itu dalam public Internal maupun Eksternal nya antara lain :
Tujuan utama dari Evaluasi adalah untuk mengetahui apakah kegiatan Public Relations benar-benar dilaksanakan menurut rencana hasil penelitian berdasarkan penemuan fakta.Manfaat dari sebuah program kerja yang dilakuakan oleh Public Relation baik itu dalam public Internal maupun Eksternal nya antara lain :
·
Internal public relations
Kita
ketahui bahwasanyya kunci keberhasilan Public Relation adalah transparan.
Dengan
sifat yang transparan ini akan membangun sebuah hubungan keakraban antara public internal nya dengan
organisasi/ perusahan sehingga timbulah sebuah kenyaman kerja yang kondusif.
Yang tentunya akan berpengaruh terhadapa perusahan/ organisasi itu sendiri.
·
Eksternal public frelation
Dalam
menjalin sebuah hubungan dengan pihak eksternal, dapat lebih memperkenalkan
perusahaan dengan pihak terkait, menjaga
keharmonisan serta kerja sama dan pada intinya menciptakan opini public yang
positif.
Public Relation dalam menjalin hubungan dengan pers
Public Relation dalam menjalin hubungan dengan pers
Hubungan pers merupakan suatu
kegiatan khusus dari Public Relation untuk melakukan komunikasi penyampaian
pesan atau informasi tertentu mengenai aktivitas yang bersifat kelembagaan,
perusahaan, hingga kegiatan bersifat individual lainnya yang perlu dipublikasikan
oleh pihak pers atau media massa untuk menciptakan publisitas dan citra
positif.
Adapun
kiat-kiat yang dilakukan seorang PR dalam membina hubungan dengan pers nya
antara lain:
Ø By
servicing the media :
memberikan pelayanan kepada media dengan menciptakan kerja sama dan hubungan timbal balik.
memberikan pelayanan kepada media dengan menciptakan kerja sama dan hubungan timbal balik.
Ø By
establishing a reputation for realibility :
menegakkan suatu reputasi agar di percaya.
menegakkan suatu reputasi agar di percaya.
Ø By
supplying good copy :
memasok naskah informasi yang baik.
memasok naskah informasi yang baik.
Ø By
cooperations in providing material :
melakukan kerja sama yang baik dalam menyediakan bahan informasi
melakukan kerja sama yang baik dalam menyediakan bahan informasi
Ø By
providing verification facilities :
penyediaan fasilitas yang memadai.
penyediaan fasilitas yang memadai.
Ø By
building personal relationship with the media :
membangun hubungan-hubungan secara personal dengan media. Hal ini mendasari keterbukaan dan saling menghormati profesi masing-masing.
membangun hubungan-hubungan secara personal dengan media. Hal ini mendasari keterbukaan dan saling menghormati profesi masing-masing.
Manfaat
dan tujuan kegiatan dokumentasi dan kliping yang dilakukan Public Relation
Seorang
PR tidak hanya dituntut pandai berbicara saja namun seorang PR haruslah
mempunyai skil writing (menulis).
Dalam hal lain seorang PR harus pandai dalam kegiatan dokumentasi dan kliping.Manfaat dan Tujuan dari kegiatan dokumentasi dan kliping diantaranya sebagai berikut
Dalam hal lain seorang PR harus pandai dalam kegiatan dokumentasi dan kliping.Manfaat dan Tujuan dari kegiatan dokumentasi dan kliping diantaranya sebagai berikut
v Sebagai
memori sebuah perusahaan/ organisasi yang digunakan untuk menjaga instansi.
v Digunakan
sebagai alat pembuktian, bahwasanya kita ketahui kunci keberhasilan dari sebuah
public relation yaitu Transparan.
v Membantu
mengambil keputusan, melakukan perencanaan dan melakukan pengawasan
v Menjaga
serta merawat semua public baik itu internal maupun eksternal.
v Untuk
memelihara hubungan perusahaan dengan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar